Senin, 29 September 2014

Makalah Sistem Komputer Fetchin, Decoding dan Executing


Makalah Sistem Komputer
Fetching, Decoding dan Executing

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Pelajaran Sistem Komputer






Kelompok 4 (Empat):
1.     Karsa
2.     Ahmad Yani
3.     Faisal Mubarok
4.     Malik Ibrahim
5.     Syaeful Hadi
6.     Muhamad Noval Fadli
7.     Nurlaeli Solekhan
8.     Siti Nuraeni
9.     Devi Suryani

Kelas : XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 1


SMK BINA CENDEKIA CIREBON
Jl. K.H Wahid Hasyim Mertapada Wetan Kec. Astanajapura Kab. Cirebon, 45181

Kata Pengantar
          Syukur alhamdulillah, merupakan satu kata yang pantas kami ucapkan kepada Allah SWT, yang karena bimbingan-Nya maka kami dapat menyelesaikan sebuah karya tulis dengan judul "Fetchin, Decoding dan Executing".
          Makalah ini dibuat dengan berbagai pencarian dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan sebuah karya yang dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang telah membantu kami dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan makalah ini.

          Kami menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini.

Terima kasih dan semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih positif bagi kita semua.




Cirebon, 26  September 2014
Penysun




          Kelompok 4















i

Daftar Isi
Kata Pengantar                       
Daftar Isi                                 
BAB I PENDAHULUAN
A.   Tujuan                                
BAB II LANDASAN TEORI
A.   Siklus Mesin
a.      Fetch
b.     Decode
c.      Execute
d.     Store                                     
B.    Fetch . Decode . Execute. Store
C.    Mengambil instruksi               
D.   Decode instruksi                    
E.    Ambil data dari memori utama    
F.     Jalankan instruksi                   
G.   Toko Hasil                            
H.   Siklus Fetch                      
I.       Siklus Execute                  
BAB III PENUTUP     
A.   KESIMPULAN                    
B.    SARAN                                

C.    REFERENSI                         













ii

BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

B.   TUJUAN

Pembuatan makalah ini dimaksudkan agar kita dapat memahami lebih jelas tentang apa itu Fetching, Decoding dan Executing yang berada dalam lingkupSistem Komputer.
















iii

BAB II
LANDASAN TEORI
1.     Fetch 
Program software untuk memindahkan file yang dikembangkan oleh Dartmouth College untuk Macintosh. Program ini menyediakan akses ke FTP yang bersifat user friendly. Mendapatkan instruksi dari Main Memory, Instruksi berikutnya diambil dari alamat memori yang tersimpan saat ini dalam Kontra Program (PC), dan disimpan dalam Instruksi mendaftar (IR). Pada akhir operasi fetch, poin PC ke instruksi berikutnya yang akan dibaca pada siklus berikutnya.
2.     Decode 
Decoding adalah kebalikan dari encoding, yang merupakan proses mengubah informasi dari satu format ke lain. Menerjemahkannya ke dalam perintah komputer, Decode menafsirkan instruksi. Selama siklus ini instruksi di dalam IR (instruksi pendaftaran) akan diterjemahkan.
3.     Execute 
Instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer. 

Sebenarnya proses perintah, Fase eksekusi akan di pulsa clock berikutnya.  Jika instruksi memiliki alamat tidak langsung , alamat efektif dibaca dari memori utama, dan setiap data yang dibutuhkan diambil dari memori utama untuk diolah dan kemudian ditempatkan ke dalam register data (Jam Pulse: T 3). Jika instruksi ini langsung, tidak ada yang dilakukan pada pulsa clock. Jika ini adalah instruksi I / O atau instruksi Register, operasi dilakukan (dijalankan) di Pulse jam.


1. Fetch . Decode . Execute. Store


Sebuah siklus instruksi (juga disebut mengambil-decode-execute siklus, dan FDX) adalah periode waktu di mana komputer proses sebuah mesin bahasa instruksi dari perusahaan memori atau urutan tindakan bahwa unit pengolahan pusat ( CPU) melakukan untuk menjalankan setiap kode mesin instruksi dalam sebuah program. 
siklus tidak pernah digunakan pada CPU. 
Nama mengambil dan execute siklus yang umum digunakan. from instruksi harus diambil dari memori utama , dan kemudian dieksekusi oleh CPU. Ini pada dasarnya bagaimana komputer beroperasi, dengan CPU yang membaca dan melaksanakan serangkaian instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin-nya. Dari ini muncul semua fungsi dari sebuah komputer dikenal dari ujung pengguna.



Setiap CPU komputer dapat memiliki siklus yang berbeda berdasarkan set instruksi yang berbeda.


·        Mengambil instruksi 
CPU menyajikan nilai dari program counter (PC) di bus alamat. CPU kemudian menjemput instruksi dari memori utama melalui bus data ke memori dari MDR tersebut kemudian ditempatkan ke dalam register instruksi saat ini (CIR), sebuah sirkuit yang menyimpan instruksi sementara sehingga dapat diterjemahkan dan dieksekusi.

·        Decode instruksi 
Decoder instruksi menafsirkan dan mengimplementasikan instruksi. memegang instruksi saat ini, sementara program counter (PC) memiliki alamat dalam memori dari instruksi berikutnya akan dieksekusi.

·        Ambil data dari memori utama 
Baca alamat efektif dari memori utama jika instruksi memiliki alamat tidak langsung Fetch diperlukan data dari memori utama untuk diproses dan tempat ke dalam register data.

·        Jalankan instruksi 
Dari daftar instruksi, data yang membentuk instruksi ini diterjemahkan oleh unit kontrol . Kemudian melewati informasi dekode sebagai urutan sinyal kontrol ke unit fungsi yang relevan dari CPU untuk melakukan tindakan yang dibutuhkan oleh instruksi seperti membaca nilai dari register, melewati mereka ke unit aritmatika logika (ALU) untuk menambahkan mereka bersama-sama dan menulis hasilnya kembali ke register. Sebuah kondisi sinyal dikirim kembali ke unit kontrol oleh ALU jika terlibat.

·        Toko Hasil 
Juga disebut menulis kembali ke memori.  Hasil yang dihasilkan oleh operasi disimpan dalam memori utama, atau dikirim ke perangkat output. Berdasarkan kondisi umpan balik dari ALU, PC sedang bertambah baik ke alamat instruksi berikutnya atau diperbarui ke alamat yang berbeda di mana instruksi berikutnya akan diambil. siklus tersebut kemudian diulang.

·        Siklus Fetch 
Langkah 1 dan 2 dari Siklus Instruksi disebut Siklus Fetch.. Langkah-langkah yang sama untuk setiap instruksi.. Proses siklus ini mengambil instruksi dari kata instruksi yang berisi opcode dan operan sebuah.

·        Siklus Execute
Langkah 3 dan 4 dari Siklus Instruksi merupakan bagian dari Siklus Execute. Langkah-langkah ini akan berubah dengan setiap instruksi. 
Langkah pertama dari siklus eksekusi adalah Proses-Memori. Data ditransfer antara CPU dan I / O modul.. Berikutnya adalah Data-Pengolahan menggunakan operasi matematika serta operasi logis dalam referensi data. Central perubahan adalah langkah berikutnya, adalah sebuah urutan operasi, misalnya operasi melompat. Langkah terakhir adalah sebuah operasi gabungan dari semua langkah lainnya.




BAB III
PENUTUP
         KESIMPULAN
         Bahwa siklus-siklus yang terjadi dalam sebuah PC itu saling berhubungan satu sama lain dan akan bertambah baik ke alamat instruksi berikutnya atau diperbarui ke alamat yang berbeda di mana instruksi berikutnya akan diambil. siklus tersebut kemudian diulang. Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan teman-teman pada umumnya.
         SARAN
         Apabila makalah ini terdapat  kekurangan  maupun  kesalahan  dalam  penulisan / pembahasan  kami mengucapkan mohon maaf  dan jangan pernah sungkan untuk mengkritik.
 Terima kasih.




















REVERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar